BAB
I
JASA
1.
Pengertian
jasa
Jasa merupakan aktivitas, manfaat atau kepuasan yang di tawarkan
untuk di jual. Kotler, (1994) Jasa
adalah setiap tindakan atau perbuatan yang dapat di tawarkan oleh suatu pihak
kepada pihak lain, yang pada dasarnya bersifat intagible (tidak berwujud fisik)
dan tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu. Produksi jasa bisa berhubungan
dengan produk fisik maupun tidak.
Pabrik tahu & Restoran kuliner tahu adalah restoran yang
menawarkan berbagai menu dengan ciri khas
tahu. Tahu seperti
kita ketahui adalah produk olahan dari kedelai, dan banyak memiliki
manfaat baik bagi kesehatan, seperti menurunkan risiko kanker, anemia,
osteoporosis, dan kadar kolesterol, dan masih ada lg yg lain.
Peluang usaha ini khususnya dimalang / batu adalah belum ada
satupun restoran ini dan tahu merupakan makanan yang biasa dikonsumsi oleh
masyarakat khususnya malang dan sekitarnya.
TAHU dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil
sarinya. Berbeda dengan tempe yang asli dari Indonesia, tahu berasal dari China
seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso.
Tahu adalah kata serapan dari bahasa Hokkian, tauhu (Hanzi: 豆腐, hanyu pinyin: doufu) yang secara harfiah berarti "kedelai
yang difermentasi". Di Jepang dikenal dengan nama tofu. Dibawa para
perantau China, makanan ini menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga
akhirnya ke seluruh dunia.
Tahu pertama kali muncul di Tiongkok sejak zaman Dinasti Han
sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi: 劉安) yang merupakan seorang bangsawan, cucu Kaisar Han Gaozu, Liu
Bang, yang mendirikan Dinasti Han.
Menu
makan
1.
Tahu
bakso
2.
Pangsit
tahu
3.
Martabak
tahu
4.
Tahu
krispy
5.
Puding
tahu
6.
Cake
tahu
7.
Tahu
berontak
8.
Tahu
gejrot
9.
Sayur
tahu fantasia
10.
Tahu
tumis pedas dll
Menu
minuman
1.
teh
hangat
2.
es
teh
3.
es
tahu
4.
teh
hangat tahu
5.
es
susu tahu
6.
es
susu soda tahu
7.
kopi
hitam/kopi susu/kopi mix
8.
es
susu dll
2.
Klasifikasi
jasa
Ada beberapa jenis klasifikasi jasa, yaitu :
1.
Produk
fisik dengan jasa pendukung.
2.
Hybrid.
3.
Jasa
utama yang di dukung deengan barang minor.
4.
Jasa
murni
Berdasarkan atas tingkat kontak konsumen dengan pemberi jasa
sebagai bagian dari sistem saat jasa tersebut dihasilkan. Dalam hal ini jasa
dibedakan menjadi 2 yaitu :
1.
High-contact
system, untuk menerima jasa, konsumen harus menjadi bagian dari sistem.
2.
Low-contact
system. Konsumen tidak perlu menjadi bagian darisistem untuk menerima jasa.
Ada beberapa
klasifikasi jasa di atas, jasa kami yaitu Pabrik tahu & Restoran kuliner
tahu. Pabrik tahu & Restoran kuliner tahu masuk pada klasifikasi hybrid
yaitu barang dan jasa sama besar porsinya. Berdasarkan tingkat kontak konsumen
jasa kami masuk dalam high-contact system
Kami memberikan jasa bengkel tidak hanya jasa servis di tempat saja melainkan kami juga memberikan pelayanan
jasa jemput ( kerumah konsumen ).
3.
Karakteristik
jasa
produk jasa memiliki kaekteristik sendiri berbeda dengan
manufaktur. Karakteristiknya adalah sebagai berikut:
a.
Intangbility
(tidak berwujud). Jasa tidak dapat di lihat, di rasa diraba, di dengar, atau di
cium sebelum jasa itu di beli. Nilai penting dari hal ini adalah nilai yang
tidak berwujud yang di alami konsumen dalam bentuk kenikmatan, kepuasan atau
rasa aman.
b.
Inseparability.
Umumnya pada aktivitas jasa proses produksi dan konsumsi terjadi secara
bersamaan, dalam arti konsumen terlibat dalam produksi implikasinya kontak dan
interaksi menjadi sangat penting.
c.
Heterogeinity.
Standarisasi sulit dilakukan karena sangat tergantung kepada sumberdaya manusia
yang terlibat, sehingga kualitas sulit dikendalikan.
d.
Perishability.
Jasa tidak mengenal persediaan atau penyimpanan dari produk yang telah
dihasilkan.
e.
Lack
of ownership. Pelanggan tidak memiliki jasa (tidak terjadi perpindahan kepemilikan),
pada pembelian jasa pelanggan hanya memiliki akses personal atas suatu jasa
untuk jangka waktu yang terbatas.
Untuk jasa kami menurut karakteristiknya masuk dalam Intangbility (tidak
berwujud), Inseparability, Heterogeinity, Perishability, & Lack of
ownership.
0 komentar:
Posting Komentar