Minggu, 31 Mei 2015

Awal Keberadaan TAHU



BAB I
JASA
1.    Pengertian jasa
Jasa merupakan aktivitas, manfaat atau kepuasan yang di tawarkan untuk di jual. Kotler, (1994)  Jasa adalah setiap tindakan atau perbuatan yang dapat di tawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya bersifat intagible (tidak berwujud fisik) dan tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu. Produksi jasa bisa berhubungan dengan produk fisik maupun tidak.
Pabrik tahu & Restoran kuliner tahu adalah restoran yang menawarkan berbagai  menu dengan ciri khas tahu. Tahu seperti kita ketahui adalah produk olahan dari kedelai,  dan banyak memiliki manfaat baik bagi kesehatan, seperti menurunkan risiko kanker, anemia, osteoporosis, dan kadar kolesterol, dan masih ada lg yg lain.
Peluang usaha ini khususnya dimalang / batu adalah belum ada satupun restoran ini dan tahu merupakan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat khususnya malang dan sekitarnya.
TAHU dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Berbeda dengan tempe yang asli dari Indonesia, tahu berasal dari China seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso.
Tahu adalah kata serapan dari bahasa Hokkian, tauhu (Hanzi: 豆腐, hanyu pinyin: doufu) yang secara harfiah berarti "kedelai yang difermentasi". Di Jepang dikenal dengan nama tofu. Dibawa para perantau China, makanan ini menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga akhirnya ke seluruh dunia.
Tahu pertama kali muncul di Tiongkok sejak zaman Dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi: 劉安) yang merupakan seorang bangsawan, cucu Kaisar Han Gaozu, Liu Bang, yang mendirikan Dinasti Han.
Menu makan
1.      Tahu bakso
2.      Pangsit tahu
3.      Martabak tahu
4.      Tahu krispy
5.      Puding tahu
6.      Cake tahu
7.      Tahu berontak
8.      Tahu gejrot
9.      Sayur tahu fantasia
10.  Tahu tumis pedas dll
Menu minuman
1.      teh hangat
2.      es teh
3.      es tahu
4.      teh hangat tahu
5.      es susu tahu
6.      es susu soda tahu
7.      kopi hitam/kopi susu/kopi mix
8.      es susu dll

2.        Klasifikasi jasa
Ada beberapa jenis klasifikasi jasa, yaitu :
1.      Produk fisik dengan jasa pendukung.
2.      Hybrid.
3.      Jasa utama yang di dukung deengan barang minor.
4.      Jasa murni
Berdasarkan atas tingkat kontak konsumen dengan pemberi jasa sebagai bagian dari sistem saat jasa tersebut dihasilkan. Dalam hal ini jasa dibedakan menjadi 2 yaitu :
1.      High-contact system, untuk menerima jasa, konsumen harus menjadi bagian dari sistem.
2.      Low-contact system. Konsumen tidak perlu menjadi bagian darisistem untuk menerima jasa.
Ada beberapa klasifikasi jasa di atas, jasa kami yaitu Pabrik tahu & Restoran kuliner tahu. Pabrik tahu & Restoran kuliner tahu masuk pada klasifikasi hybrid yaitu barang dan jasa sama besar porsinya. Berdasarkan tingkat kontak konsumen jasa kami masuk dalam high-contact system
Kami memberikan jasa bengkel tidak hanya jasa servis di tempat  saja melainkan kami juga memberikan pelayanan jasa jemput ( kerumah konsumen ).
3.        Karakteristik jasa
produk jasa memiliki kaekteristik sendiri berbeda dengan manufaktur. Karakteristiknya adalah sebagai berikut:
a.       Intangbility (tidak berwujud). Jasa tidak dapat di lihat, di rasa diraba, di dengar, atau di cium sebelum jasa itu di beli. Nilai penting dari hal ini adalah nilai yang tidak berwujud yang di alami konsumen dalam bentuk kenikmatan, kepuasan atau rasa aman.
b.      Inseparability. Umumnya pada aktivitas jasa proses produksi dan konsumsi terjadi secara bersamaan, dalam arti konsumen terlibat dalam produksi implikasinya kontak dan interaksi menjadi sangat penting.
c.       Heterogeinity. Standarisasi sulit dilakukan karena sangat tergantung kepada sumberdaya manusia yang terlibat, sehingga kualitas sulit dikendalikan.
d.      Perishability. Jasa tidak mengenal persediaan atau penyimpanan dari produk yang telah dihasilkan.
e.       Lack of ownership. Pelanggan tidak memiliki jasa (tidak terjadi perpindahan kepemilikan), pada pembelian jasa pelanggan hanya memiliki akses personal atas suatu jasa untuk jangka waktu yang terbatas.
Untuk jasa kami menurut karakteristiknya masuk dalam Intangbility (tidak berwujud), Inseparability, Heterogeinity, Perishability, & Lack of ownership.

Related Posts:

0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Copyright © 2025 RestoPakDe.blogspot.com | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑