Minggu, 31 Mei 2015

PEMASARAN RELATIONAL DALAM PEMASARAN RESTORAN TAHU PAK DE



BAB II
PEMASARAN RELATIONAL DALAM PEMASARAN JASA
            Pemasaran relasional dalam arti lebih luas yang memiliki tujuan membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan  dengan pihak-pihak inti-  pelanggan pemasok, distributor, masyarakat sekitar dan rekan pemasaran lainnya. Guna mengembangkan dan mempertahankan bisnis. Kotler dan Keller (2006:17-18). Untuk jasa kami yaitu jasa bengkel, seperti penjelasan di atas untuk membangun hubungan jangka panjang haraus membangun hubungan dengan pelanggan, distrbutor, pemasok dan masyarakat, agar bisnis kita tetap bertahan. Bentuk relationship maketing  yang kami terapkan , meliputi :
a.       Hubungan pelanggan.
Pelanggan merupakan point penting pada berjalannya usaha, dengan itu kami harus  menjaga hubungan dengan pelanggan.
Ada beberapa point untuk menjaga hubungan dengan pelanggan.
a). Pelayanan
b). Memberikan pelanggan untuk mengkritik dan saran pada kami.
b.      Kemitraan dengan pemasok
Dalam menjalankan usaha semua pasti memerlukan pemasok, banyak pemasok yang masuk pada usaha kita dan kita harus menjaga hubungan tersebut, dengan tidak adanya pemasok maka tidak ada barang yang masuk pada kita. Kemitraan ini agar tidak terjadi masalah yang menyulitkan dan mempermudah salah satu atau keduanya adalah dengan membuat perjanjian/MoU.
c.       Kemitraan antar perusahaan
Kemitraan antar perusahaan juga sangat perlu, karena dengan adanya kemitraan antar perusaan kita bisa saling membantu, menginfokan satu sama lain, bekerjasama untuk mendapatkan keuntungan dan menjadi kuliner yang perlu dikunjungi dari persaingan dengan kuliner makanan yang lain dan bisa panjang masa hidup bisnis kuliner tahu ini. Misalnya mendirikan jika belum ada/mengikuti jika sudah ada organisasi bisnis kuliner malang/jawa timur/indonesia selanjutnya ada acara pertemuan setiap tahun dengan restoran kuliner tahu dimalang/jawa timur/indonesia untuk shering/membahas permasalahan yang terjadi/akan terjadi.

d.      Kemitraan internal.
Kemitraan internal yaitu kemitraan dengan SDM yang ada di dalam prusahaan kita, kita harus membangun bersama dengan SDM kita agar perusahaan bisa mencapai tujuan dengan apa yang kita inginkan.  Misalnya ada perekatan antar pegawai dan pemilik dengan jalan-jalan, outbond, dan ada tunjangan sakit,lebaran dan uang saku jika keluar dengan terhormat.
e.       Hubungan dengan masyarakat di sekitarnya.
Dalam usaha pasti tidak akan lepas dari masyarakat karena masyarakat merupakan sebagai seperti halnya pondasi. seperti kita mendirikan rumah tanpa pondasi tidak akan lama akan jatuh dan seperti  halnya usaha, pada usaha awal kita membutuhkan masyarakat untuk izin dan itu awal pondasi kita untuk usaha. Dan selain itu kita harus menjaga hubungan baik dengan masyarakat, karena mitra baik usaha kita pertama ada pada masyarakat, kalau kita bisa hubungan baik pada masyarakat usaha kita pasti akan di jaga oleh masyarakat. Misalnya dengan membantu menyumbang untuk pembangunan desa/wilayah setempat, memberikan lowongan pekerjaan terutama untuk masyarakat sekitar.

Related Posts:

0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Copyright © 2025 RestoPakDe.blogspot.com | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑