BAB VIII
STRATEGI KOMUNIKASI DI RESTO TAHU PAK DE
Menurut
Kotler & Armstrong variabel-variabel yang ada di dalam promotional
mix ada lima, yaitu Periklanan (advertising), Penjualan Personal (personal
selling), Promosi penjualan (sales promotion), Hubungan masyarakat (public
relation), dan
Pemasaran
langsung (direct marketing). Dari kelima strategi promosi, kami mempertimbangkan
keefektifan dan keefisienan dengan budget yang pas pula agar tidak
membuang-buang biaya yang banyak. Karena biaya yang banyak pula yang harus di
keluarkan oleh perusahaan untuk promosi. Promosi inilah yang membuat konsumen
mengetahui resto kami ini. Sebaik-baiknya prodak apabila dalam promosinya salah
akan tetap dianggap biasa atau bisa jelek karena promosi tersebut.
Oleh karenanya
strategi yang sesuai
dengan kegiatan promosi yang dilakukan usaha jasa Resto Tahu Pak De adalah:
a. Periklanan (advertising)
yaitu dengan membuat web dan media sosial yang akan
mengiklankan dan mempromosikan usaha jasa resto tahu Pak De ini. Kemudahan dan
keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan teknologi adalah karena sekarang zaman
sudah maju dengan keberadaan teknologi. Dan biaya yang murah akan memberikan
biaya perusahaan sedikit yang dikeluarkan untuk mempromosikan resto tahu Pak De
ini.
b. Promosi penjualan (sales promotion)
Insentif jangka pendek untuk mendorong
pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa. Resto Tahu Pak De dalam
beberapa waktu di awal pembukaannya akan memberikan tawaran harga khusus yang
sekiranya bisa menarik minat pelanggan untuk mau menggunakan jasa Resto Tahu Pak De ini.
Insentif jangka pendek ini juga diberikan ketika ada agenda tertentu yang
memang diperlukan adanya suatu promosi. Misalnya ulang tahun resto tahu Pak De dan
lain sebagainya.
c. Hubungan
masyarakat (public relation)
Membangun
hubungan baik dengan publik untuk memperoleh dukungan,
membangun "citra perusahaan" yang baik dan menangani atau menyingkirkan gosip, cerita dan peristiwa
yang dapat merugikan. Resto Tahu Pak De sekali-kali
bisa mengadakan acara yang masyarakat ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.
Seperti ikut menyumbang
acara yang diadakan masyarakat setempat dsb.
e. Pemasaran
langsung (direct marketing)
Komunikasi
langsung dengan pelanggan yang diincar secara khusus untuk
memperoleh tanggapan langsung. Hal ini penting untuk dilakukan guna menambah
jumlah pelanggan dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.
0 komentar:
Posting Komentar