BAB XIII
E- MARKETING DI RESTO TAHU PAK DE
E-Marketing menurut Armstrong dan Kottler (2004:74) adalah
sebagai berikut: “E-Marketing is the marketing side of E-Commerce, it
consists of company efforts to communicate abaout, promote and sell products
and services over the internet.” Yang bisa diartikan sebagai berikut:
E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce , yang terdiri dari kerja
dari perusahaan untuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual
barang dan jasa melalui internet.
Menurut American Marketing Association yang dikutip oleh
Kleindl dan Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan
dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat
diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang
saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.
Saat ini marketing telah berkembang seiring dengan
perkembangan teknologi. Aktivitas marketing menjadi lebih luas dengan adanya
internet. Penggunaan internet dan fasilitas yang ada di dalam internet untuk
melakukan aktivitas marketing dikenal sebagai e-marketing (Kleindl dan Burrow,
2005).
E-marketing
hampir tidak bisa dilepaskna dari berbagai bidang bisnis, termasuk jasa. Resto
Tahu Pak De dalam hal ini akan menggunakan e-marketing sebagai salah satu
metode pemasaran yang dipakai dalam mengkomunikasikan tawarannya terhadap
pelanggan. Media yang dipakai adalah web dan media sosial misalnya instagram,
facebook dan twitter.
Website,instagram
dan facebook digunakan untuk memberikan informasi mengenai profil Resto Tahu
Pak De serta berbagai tawaran dari Resto Tahu Pak De, menampung kritik dan
saran dari pelanggan, dan memberikan ucapan selamat pada hari-hari besar agama
dan nasional. Sedangkan twitter digunakan untuk menyapa pelanggan pada
waktu-waktu tertentu dengan intensitas yang sedang, yang bertujuan untuk
membantu positioning dari Resto Tahu Pak De yang ramah kepada para followers (pelanggan). Selain itu, twitter
juga bisa digunakan pelanggan untuk menyampaikan kritik dan sarannya. Pada intinya
informasi Resto Tahu Pak De akan diposting terus di website dan media sosial
agar pelanggan terus mengetahui updatean Resto Tahu Pak De ini.
Akan
tetapi, e-marketing melalui media facebook dan twittter tersebut bukanlah
metode pemasaran utama yang dilakukan oleh Resto Tahu Pak De. E- marketing
merupakan media komunikasi yang digunakan Resto Tahu Pak De untuk memberikan
informasi kepada para pelanggan, sekaligus memberikan “jalan” bagi para
pealnggan tersebut untuk memberikan feedback dari komunikasi yang disampaikan
oleh Resto Tahu Pak De terkait dengan Jasanya melalui media tersebut. Hal ini
penting dilakukan oleh Resto Tahu Pak De untuk mengetahui bagaimana posisi Car
Care di mata pelanggan.
0 komentar:
Posting Komentar