Senin, 01 Juni 2015

STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI RESTO TAHU PAK DE



BAB IX
STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
DI RESTO TAHU PAK DE
Strategi SDM/SDI adalah orang-orang yang terlibat langsung dalam menjalankan segala aktifitas perusahaan, dan merupakan faktor yang memegang peranan penting bagi semua organisasi. Dalam perusahaan jasa unsur people ini bukan hanya memainkan peranan penting dalam bidang produksi atau operasional saja, tetapi juga dalam melakukan hubungan kontak langsung dengan konsumen. Perilaku orang-orang yang terlibat langsung ini sangat penting dalam mempengaruhi mutu jasa yang ditawarkan dan image perusahaan jasa yang bersangkutan.
Langkah yang harus dilakukan:
  1. Penetapan stuktur organisasi
Struktur organisasi dari Jasa Resto Tahu Pak De adalah sebagai berikut:

  1. Penjelasan Job deskripsi dari masing-masing bagian
1.      Manager
Job Desription:
·         Membuat dan menetapkan langkah-langkah strategis untuk Resto Tahu Pak De dalam lingkup internal maupun eksternal yaitu RJPP (Rencana Jangka Panjang Perusahaan) dan RKAP (Rencana Kerja Dan Anggaran Perusahaan).
·         Berhak untuk mengangkat dan memberhentikan karyawan sesuai dengan kebutuhan Resto Tahu Pak De.
·         Bertanggung jawab penuh pada keseluruhan kegiatan Resto Tahu Pak De, mulai dari bagian operasional, administrasi, keuangan, SDM, dan pemasaran.
Jumlah yang dibutuhkan adalah satu orang manager yaitu pemilik itu sendiri.
·         Menetapkan target kinerja masing-masing Direksi atas dasar RJPP dan RKAP;
·         Melakukan penilaian  kinerja Direksi;
·         Menetapkan auditor eksternal untuk melakukan audit atas laporan keuangan;
·         Mendelegasikan kepada masing-masing Direktur tentang pembagian tugas, tanggung jawab dan wewenang Direksi.
·         Memperoleh informasi kinerja perusahaan dari Direksi mengenai keuangan atau hal-hal lain yang menyangkut Perusahaan secara lengkap, tepat waktu, dan teratur.
·         Menyetujui atau menolak kerja-sama dengan perusahaan/pihak lain yang diusulkan oleh Direksi.
·         Menyelenggarakan Rapat Pertanggungjawaban Direksi secara semesteran/ tahunan atau sewaktu-waktu diperlukan.
·         Menyusun dan mengimplementasikan sistem akuntansi yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan.
·         Menetapkan struktur organisasi dan uraian tugasnya.
Manager disini adalah pemilik usaha jasa Resto Tahu Pak De yaitu saya sendiri.
2.      Bagian produksi
Job Desription:
·         Mengatur semua kegiatan produksi Resto Tahu Pak De dalam menjalankan jasa makanan dan minuman.
·         Mengatur persediaan bahan baku dan maintenance segala alat kebutuhan yang dibutuhkan untuk jasa makanan dan minuman di Resto Tahu Pak De ini.
·         Menyusun anggaran yang dibutuhkan bagian produksi setiap satu tahun.
·         Melaporkan laporan keuangan dari belanja anggaran kepada bagian keuangan setiap akhir bulan. Memastikan pelanggan mendapatkan pelayanan yang maksimal dari jasa Resto Tahu Pak De.
Jumlah yang dibutuhkan adalah lima orang, dengan rincian: satu orang sebagai Kepala Bagian, dan empat orang sebagai karyawan.

3.      Bagian Keuangan
Job Desription:
·         Mencatat semua sirkulasi keuangan Resto Tahu Pak De dalam menjalankan usaha makanan dan minuman.
·         Menyusun anggaran yang dibutuhkan Resto Tahu Pak De dalam satu tahun yang disetorkan oleh bagian yang lain dengan pertimbangan Manager.
·         Membuat laporan keuangan setiap bulan dan tiap tahun.
Jumlah yang dibutuhkan bagian keuangan adalah dua orang, yang terdiri dari satu kepala bagian dan satu orang staf pembantu.
4.      Bagian SDM
Job Desription:
·         Bertanggung jawab untuk mencari dan merekrut sumber daya manusia yang dibutuhkan Resto Tahu Pak De sesuai dengan jumlah yang ditetapkan oleh Manager.
·         Bertanggung jawab mengawasi kinerja bagian produksi, SDM, pemasaran, keuangan serta melaporkan hasil penilaian kepada Manager.
5.      Bagian pemasaran
Job Desription:
·         Mengkoordinasikan perencanaan perseroan mengacu pada RJPP dan RKAP yang telah disyahkan oleh Komisaris/Pemilik Perusahaan.
·         Memasarkan/mempromosikan produk dan jasa perseroan kepada pelanggan dan calon pelanggan untuk mendapatkan order.
·         Berkoordinasi dengan manager terkait untuk menindak lanjuti order pekerjaan/info pelelangan yang memungkinkan perseroan dapat melaksanakan/mengikuti pelelangan.
·         Memastikan perseroan mematuhi ketentuan tentang persyaratan yang ditentukan (kepatuhan atas pelaksanaan GCG) dalam tata laksana pekerjaan.
·         Menyiapkan bahan untuk pembuatan laporan kinerja perusahaan
·         Bersama dengan manager terkait selalu berupaya memelihara pelanggan dan calon pelanggan
·         Membuat laporan berkala dalam bidang tugasnya
Jumlah yang dibutuhkan adalah lima orang, dengan rincian: satu orang sebagai Kepala Bagian, dan empat orang sebagai karyawan.

  1. Mendefinisikan syarat minimal kompetensi yang harus dimiliki masing-masing bagian
Syarat minimal kompetensi dari masing-masing bagian dalam suatu usaha sangat penting karena berkaitan dengan apakah hak dan tanggung jawab masing-masing individu yang sudah masuk dalam perusahaan memang proporsional atau tidak. Dikatakan proporsioanl ketika beban kerja dan tanggung jawab serta hak yang diterima masing-masing individu seimbang. Dalam perekrutan Resto Tahu Pak De, setiap karyawan yang akan direkrut akan bergantung penuh pada kebijakan Manager.

  1. Penetapan program pengembangan SDM yang ada
Tidak ada program pengembangan SDM yang formal dalam Resto Tahu Pak De. Hanya ada penjelasan dari Manager tentang gambaran kerja yang akan diemban oleh masing-masing karyawan yang bekerja di Resto Tahu Pak De. Sedangkan ntuk pengembangan hubungan baik antara seluruh karyawan yang ada di Resto Tahu Pak De akan diwujudkan dengan mengadakan evaluasi dan makan bersama di Resto Tahu Pak De setiap akhir bulan.

Related Posts:

0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Copyright © 2025 RestoPakDe.blogspot.com | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑