BAB
IX
STRATEGI
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
DI
RESTO TAHU PAK DE
Strategi
SDM/SDI adalah orang-orang yang terlibat langsung dalam menjalankan segala
aktifitas perusahaan, dan merupakan faktor yang memegang peranan penting bagi
semua organisasi. Dalam perusahaan jasa unsur people ini bukan hanya
memainkan peranan penting dalam bidang produksi atau operasional saja, tetapi
juga dalam melakukan hubungan kontak langsung dengan konsumen. Perilaku
orang-orang yang terlibat langsung ini sangat penting dalam mempengaruhi mutu
jasa yang ditawarkan dan image perusahaan jasa yang bersangkutan.
Langkah
yang harus dilakukan:
- Penetapan stuktur organisasi
Struktur
organisasi dari Jasa Resto Tahu Pak De adalah sebagai berikut:
- Penjelasan Job deskripsi dari masing-masing bagian
1. Manager
Job Desription:
·
Membuat dan menetapkan
langkah-langkah strategis untuk Resto Tahu Pak De dalam lingkup internal maupun
eksternal yaitu RJPP
(Rencana Jangka Panjang Perusahaan) dan RKAP (Rencana Kerja Dan Anggaran
Perusahaan).
·
Berhak untuk
mengangkat dan memberhentikan karyawan sesuai dengan kebutuhan Resto Tahu Pak De.
·
Bertanggung
jawab penuh pada keseluruhan kegiatan Resto Tahu Pak De, mulai dari bagian
operasional, administrasi, keuangan, SDM, dan pemasaran.
Jumlah yang dibutuhkan adalah satu orang
manager yaitu pemilik itu sendiri.
·
Menetapkan
target kinerja masing-masing Direksi atas dasar RJPP dan RKAP;
·
Melakukan
penilaian kinerja Direksi;
·
Menetapkan
auditor eksternal untuk melakukan audit atas laporan keuangan;
·
Mendelegasikan
kepada masing-masing Direktur tentang pembagian tugas, tanggung jawab dan
wewenang Direksi.
·
Memperoleh
informasi kinerja perusahaan dari Direksi mengenai keuangan atau hal-hal lain
yang menyangkut Perusahaan secara lengkap, tepat waktu, dan teratur.
·
Menyetujui
atau menolak kerja-sama dengan perusahaan/pihak lain yang diusulkan oleh
Direksi.
·
Menyelenggarakan
Rapat Pertanggungjawaban Direksi secara semesteran/ tahunan atau sewaktu-waktu
diperlukan.
·
Menyusun
dan mengimplementasikan sistem akuntansi yang sesuai dengan standar akuntansi
keuangan.
·
Menetapkan
struktur organisasi dan uraian tugasnya.
Manager disini adalah pemilik usaha jasa Resto Tahu Pak De yaitu
saya sendiri.
2. Bagian
produksi
Job Desription:
·
Mengatur semua
kegiatan produksi Resto Tahu Pak De dalam menjalankan jasa makanan dan minuman.
·
Mengatur
persediaan bahan baku dan maintenance segala alat kebutuhan yang dibutuhkan
untuk jasa makanan dan minuman di Resto Tahu Pak De ini.
·
Menyusun
anggaran yang dibutuhkan bagian produksi setiap satu tahun.
·
Melaporkan
laporan keuangan dari belanja anggaran kepada bagian keuangan setiap akhir
bulan. Memastikan pelanggan mendapatkan pelayanan yang maksimal dari jasa Resto Tahu Pak De.
Jumlah yang dibutuhkan adalah lima
orang, dengan rincian: satu orang sebagai Kepala Bagian, dan empat orang
sebagai karyawan.
3. Bagian
Keuangan
Job Desription:
·
Mencatat semua
sirkulasi keuangan Resto Tahu Pak De dalam menjalankan usaha makanan dan minuman.
·
Menyusun
anggaran yang dibutuhkan Resto Tahu Pak De dalam satu tahun yang
disetorkan oleh bagian yang lain dengan pertimbangan Manager.
·
Membuat laporan
keuangan setiap bulan dan tiap tahun.
Jumlah yang dibutuhkan bagian keuangan
adalah dua orang, yang terdiri dari satu kepala bagian dan satu orang staf
pembantu.
4. Bagian
SDM
Job Desription:
·
Bertanggung
jawab untuk mencari dan merekrut sumber daya manusia yang dibutuhkan Resto Tahu Pak De
sesuai dengan jumlah yang ditetapkan oleh Manager.
·
Bertanggung
jawab mengawasi kinerja bagian produksi, SDM, pemasaran, keuangan serta
melaporkan hasil penilaian kepada Manager.
5. Bagian
pemasaran
Job Desription:
·
Mengkoordinasikan
perencanaan perseroan mengacu pada RJPP dan RKAP yang telah disyahkan oleh
Komisaris/Pemilik Perusahaan.
·
Memasarkan/mempromosikan
produk dan jasa perseroan kepada pelanggan dan calon pelanggan untuk
mendapatkan order.
·
Berkoordinasi
dengan manager terkait untuk menindak lanjuti order pekerjaan/info pelelangan
yang memungkinkan perseroan dapat melaksanakan/mengikuti pelelangan.
·
Memastikan
perseroan mematuhi ketentuan tentang persyaratan yang ditentukan (kepatuhan
atas pelaksanaan GCG) dalam tata laksana pekerjaan.
·
Menyiapkan
bahan untuk pembuatan laporan kinerja perusahaan
·
Bersama
dengan manager terkait selalu berupaya memelihara pelanggan dan calon pelanggan
·
Membuat
laporan berkala dalam bidang tugasnya
Jumlah yang dibutuhkan
adalah lima orang, dengan rincian: satu orang sebagai Kepala Bagian, dan empat
orang sebagai karyawan.
- Mendefinisikan syarat minimal kompetensi yang harus dimiliki masing-masing bagian
Syarat
minimal kompetensi dari masing-masing bagian dalam suatu usaha sangat penting
karena berkaitan dengan apakah hak dan tanggung jawab masing-masing individu
yang sudah masuk dalam perusahaan memang proporsional atau tidak. Dikatakan
proporsioanl ketika beban kerja dan tanggung jawab serta hak yang diterima
masing-masing individu seimbang. Dalam perekrutan Resto Tahu Pak De, setiap
karyawan yang akan direkrut akan bergantung penuh pada kebijakan Manager.
- Penetapan program pengembangan SDM yang ada
Tidak
ada program pengembangan SDM yang formal dalam Resto Tahu Pak De. Hanya ada
penjelasan dari Manager tentang gambaran kerja yang akan diemban oleh
masing-masing karyawan yang bekerja di Resto Tahu Pak De. Sedangkan ntuk
pengembangan hubungan baik antara seluruh karyawan yang ada di Resto Tahu Pak
De akan diwujudkan dengan mengadakan evaluasi dan makan bersama di Resto Tahu
Pak De setiap akhir bulan.
0 komentar:
Posting Komentar